Sabtu, 08 Februari 2014

Profil Panti Asuhan


A. Letak Geografis

Panti Asuhan Mandhanisiwi terltak di daerah Kabupatn Purbalingga, lebih tepatnya di desa Timbang kelurahan Penambongan 53314. Jarak Panti Asuhan dengan kabupaten lebih kurang 1 km terletak di bagian selatan kantor kabupaten, jalan meenuju MEWEK, untuk transportasi sendiri cukup mudah.
Letak strategis ini dan lokasi yang berada dekat dengan kota serta suasana yang nyaman sangat mendukung aktivitas yang dilakukan. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan sebagai brikut:
Sebelah selatan dibatasi oleh perumahan penduduk dan jalan menuju STADION atau CURUG GRINGSING.
Sebelah barat dibatasi oleh perumahan penduduk.
Sebelah timur dibatasi oleeh prumahan penduduk dan jalan raya menuju pusat kota.
Sebelah utara dibatasi olh Sungai Gringsing

B. Sejarah Singkat

 PA Mandhanisiwi mrupakan amal usaha majlis PKU Muhammadiyah kabupaten Purbalingga yang berdiri sejak tanggal 15 Desember 1960 dan telah terdaftar pada Departmen Sosial RI No. 927/Y/PSSM/ 1979 tanggal 20 Juli 1979, dengan para pendirinya antara lain: Ach. Matori Kartosudidjo (alm), Abdullah Siradz (alm), H. Sobari (alm), Sodik Ap (alm), Hadi Siswoyo (alm), Sadeli (alm), Sastro Sukarto dan Chambali, (Dok.15 Agustus 2003).
Latar belakang brdirinya Panti Asuhan ini dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat pada saat itu, dimana banyak anak-anak terlantyar dan masih meembutuhkan bantuan serta belum adanya lembaga atau organisasi yang menangani secara khusus keeberadaan anak yatim dan anak-anak terlantar, dan didirikannya Panti Asuhan ini semata-mata mencari ridho Alloh.]
Pada tahun 1953, PDM Purbalingga meempunyai program pembinaan teerhadap anak-anak yang kurang mampu dengan cara mereekrut kemudian untuk dititipkan kepada para aghnia sebagai wujud kepedulian sosial dan tanggung jawab umat. Darisinilah titik awal didirikannya Panti Asuhan Mandhanisiwi yang secara resmi berdiri pada tahun 1960.
Awal berdirinya Panti Asuhan teersebut belum mempunyai teempat yang tetap dan masih berpindah-pindah dari tempat pengurus yang satu ketempat peengurus yang lain. Pertama kali berdiri berada di lokasi pusat kota alun-alun yang sekarang menjadi lembaga pendidikan Mts,SMA dan SMK Muhammadiyah juga PDM. Setelah mengalami beberapa kali pindah, pada waktu itu di rumah Bp.H.Sobari, akhirnya PA Mandhanisiwi mempunyai gedung sendiri.
Adapun pengasuh dari tagun ke tahun sebagai berikut:
Tahun 1960-1967 sebagai pengasuh dan menjabat sebagai pimpinan adalah Bp. AM. Kartosudirdjo
Tahun 1967-1969 sebagai pengasuh dan pimpinan adalah Bp. Muslim Homjowi.
Tahun 1969-1977 sebagai peengasuh adalah Bp. Imam HS.
Tahun 1977-1981 sebagai pngasuh adalah Bp. Suwarno.
Tahun 1981-sekarang adalah Bp.Suparno.

LANDASAN DIDIRIKAN DAN STRUKTUR ORGANISASI

A. Landasan
Idiil----Al-Qur`an dan Sunnah Rosulullah SAW----
Konstitusional----UUD 1945, AD/ART Muhammadiyah ke-40 di Surabaya, UU No. 6 Th 1974 tentang Pokok" Kesejahteraan Sosial dan UU No.4 th 1979 teentang Kesejahteeraan Anak.
Operasional---Keputusan Mukrnas Majlis PKU ke VI di Jakarta----(dok.15/9/03)

B. Tujuan
 "Memberikan pelayanan yang didasarkan pada profesi kesejahteraan sosial kepada anak yatim/ terlantar dengan cara membantu dan membimbing ke arah perkembangan pribadi yang wajar sesuai dengan ajaran Agama Islam serta kemampuan ketrampilan kerja sehingga mereka meenjadi muslim yang dapat hidup layak dan penuh tanggung jawab baik terhadap dirinya, keluarga dan masyarakat".

C.Struktur Organisasi
 Ketua         : IMAM HS
Sekretaris   : SUPARNA
Bendahara  : SUWARNO
     Pembina     : Suparna
     Unit. Ident  : Nawang Sri  dan Suwarti
     Unit Asuhn : Suparna, Sudirman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar